Search something?

Rabu, 01 Januari 2014

KEJUTAN: ada apa dengan MANDI, TAIWAN dan KUIS

Hidup ini adalah KEJUTAN! Setuju? Tidak setuju? Atau bisa jadi?

Pasti setiap orang pernah terkejut. Aku sih pernah dong, dan bahkan sering. Yaa ada yang bikin gemetar, ada yang nyebelin, ada yang lucu, ada juga yang maho, eeh salah ketik :) Nah, ini dia daftar kejutan 2013 yang ku alami:

1. Akhirnya bisa naik pesawat Garuda Indonesia
2. Akhirnya bisa naik pesawat Garuda Indonesia
3. Akhirnya bisa naik pesawat Garuda Indonesia
4. Akhirnya bisa naik pesawat Garuda Indonesia

Lho, koq sama semua sih? Iyaa, kan KEJUTAN! >.<

Baiklah pemirsa yang berbahagia, ini dia daftar kejutan 2013 yang sejujurnya:


1. Mandi di atas sungai dan di samping kandang
Pernah bayangkan, pada zaman modern ini, di sebuah kota cukup besar, kita mandi di sebuah tempat tanpa penerangan yang terletak di atas sungai dan di samping kandang ayam. Aliran sungainya deras lho. Terlebih lagi, ada anjing yang cukup jinak (agak galak) saat akan melewati kamar mandi. Aku mengalaminya! Aku suka bagian mandi ini, karena mengingatkanku pada masa live-in dengan teman-teman gereja tahun 2004 di Banyuurip (Kabupaten Blitar). Meski terbatas, tapi hidup selalu penuh kegembiraan. Enggak perlu mengeluh. Benar, bukan? Hmmm sebenarnya sih enggak nyangka kalau sahabatku tinggal di tempat seperti itu. Bukan mengeluh koq, tapi inilah perasaanku, kaget! Kaget dengan kondisi seperti itu. Juga salut! Salut atas perjuangan hidup sahabatku itu :)

2. English proficiency test: 520
Apaan coba? Biasanya sih, selama latihan tes English proficiency, nilaiku selalu sekitar 400 sekian. Makanya sempat dag dig dug waktu ikut tes, karena bayang-bayang gelap menghantuiku, apaan ini :) Begitu diumumkan, aku dapat skor 520, langsung pengen lompat-lompat, tapi malu sama mbak penjaga tes. Skor inilah yang mengantarkanku untuk berani mendaftar beasiswa. Semoga tahun ini bisa mencapai puncak tangga 600, amin. Oiyaa, waspada! Ini adalah tes English proficiency, bukan TOEFL apalagi IELTS.

3. Tertimpa kerjaan dadakan yang serba GRATIS
Nah ini kejutan paling heboh. Awalnya niat tulus hati setulus merpati untuk sekadar bantu, tapi ternyata dapat berkat bertubi-tubi. Jadi itulah kesimpulannya dari kisah yang mengharu biru. Kesimpulan? Baca saja permulaan. Rekan kerja jarak jauh, yang aslinya adalah mantan pacar (iya, enggak penting nih), harus berangkat kuliah ke negeri seberang, jadi semua pekerjaan itu diwariskan begitu saja dengan cuma-cuma. Aku senang melakukannya, karena itulah bidangku: administrasi & manajemen. Dan inilah berkat-berkat yang melimpah. Satu, sekali lagi liburan ke Jakarta & Yogyakarta dengan GRATIS, semua biaya ditanggung pihak penyelenggara beasiswa! Dua, bisa naik kereta Gajayana lagi, GRATIS! Tiga, bisa coba naik kereta Malioboro untuk pertama kalinya, GRATIS! Empat dan lima: AKHIRNYA BISA NAIK GARUDA INDONESIA (meskipun kelas ekonomi sih, tapi kan GRATIS!) dan DAPAT HONOR YANG GEDHE, GRATIS (Ini setara dengan gaji 2 bulan, tapi yang ini aku cukup kerja seminggu saja! Saat menerima, rasanya tangan gemetar enggak karuan). Semua terjadi begitu saja, begitu saja, begitu saja, dan di luar perkiraan, benar-benar jauh dari prediksi. Memang itulah cara Tuhan memberi kejutan ;) *perlu kalian tahu, aku bukan seorang mata duitan, tapi aku bersyukur saat dapat rezeki, bahkan tetap bersyukur saat tak ada rezeki*

4. Ditolak 1 universitas di Taiwan
Seperti yang kalian tahu (serasa selebritis), aku ikut-ikutan daftar di 3 universitas di Taiwan. Semuanya jurusan ilmu pendidikan. Dan aku sudah menyangka, bakal diterima di National Sun Yat-Sen University (Kaohsiung) dan National Taiwan Ocean University (Keelung). Eeh tak pernah terduga, aku justru mendapat penolakan dari National Central University (Taoyuan). Langsung nangis  di pojokan kamar  (padahal ini jumlah beasiswanya paling besar dan jurusan kuliahnya spesifik) *kenyataannya aku cuma diam di kamar, enggak merasa sedih*


5. (Pertama kali) naik pesawat ke luar negeri
Apa yang jadi kejutan? Ternyata naik pesawat di dalam negeri dan luar negeri itu sama saja. Aku kira bakal ada sesuatu yang menarik, ternyata tidak saudara-saudariku sebangsa dan setanah air! Aku masih celingak-celinguk cari tempat duduk. Selalu bingung cara pakai sabuk pengaman. Tetap kedinginan, kelaparan & tidur di dalam pesawat. Hmm mungkin karena aku naik pesawat Low Cost Carrier, kelas ekonomi pula. Lain kali, aku akan naik pesawat yang premium deh, biar ada sensasi tersendiri, amin!

6. Rakyat Taiwan hanya bisa bahasa mandarin dan bahasa Taiwan
Sungguh suatu kejutan yang membuat pingsan di balik selimut! Aku benar-benar kaget pas pertama kali datang ke Taiwan, berjumpa dengan realita, ooh bukan, berjumpa dengan orang-orang yang kesulitan bahasa Inggris. Aku enggak pernah siap-siap bahasa mandarin, jadi inilah aku! Komunikasi dengan bahasa roh, bahasa kalbu, bahasa cinta, eeh bukan, dengan bahasa tubuh ala paman tarzan. Bahkan, di ruang kuliah pun, semuanya berbicara bahasa mandarin. Dan syukurlah, teman-teman sekelas bantu terjemahkan ke bahasa Inggris, jadi aku bisa paham materi kuliah, maksudnya SEDIKIT PAHAM. Di sinilah aku benar-benar mengalami bahwa MEMBACA SAJA SAYA SULIT, apalagi menulis! LOL. #Hamboh au ora erti ni hao xie xie wo ai ni# Rasanya ingin pulang ke kampung halaman aja dan bicara boso Jowo.

7. Punya dosen (laki-laki) sejati yang ganteng, eeh baik banget!
Mereka, para dosen yang kucintai, memberi segudang bantuan selama masa adaptasi di kampus dan negeri yang baru. Mulai dari bantu terjemahan bahasa, bantu cari buku-buku, bantu sediakan makanan, bahkan bantu menyelesaikan masalah keuangan. *okee, bagian keuangan adalah bagian paling menarik* Siapa hayo yang punya dosen model begini? Nah makanya, ayoo kuliah di sini, di NATIONAL TAIWAN OCEAN UNIVERSITY, khususnya di INSTITUTE OF EDUCATION. Bener deh, dosen & mahasiswa-mahasiswinya asyik, apalagi perpustakaan dan toko bukunyanya, tempat yang paling nyaman untuk membaca buku dan...tidur! *promosi*

8. Menang kuis Jelajah Rempah dari The Spice Journey
Siapapun pasti senang kalau dapat hadiah gratis, iyaa kan? Waktu itu, pada hari yang tenang-tenang mendayung, aku buka twitter @uopoiki. Ternyata lagi ada kuis #JelajahRempah dari @TheSpiceJourney. Iseng aja ikutan, jawab kuis, eeh ternyata dapat poin tertinggi. Setelah itu, jadi ketagihan deh ikut kuis Jelajah Rempah. Sama sekali enggak pernah menduga, aku bakal jadi pemenang. Pemenang bukan sekedar pemenang, tapi pemenang borongan. Ini daftarnya: pemenang minggu 2 & 3 (hadiah travel gear); pemenang bulanan (hadiah voucher balanja Rp 350.000); dan jadi finalis yang berhak tampil di babak final untuk memperebutkan hadiah utama: traveling & voluntourism gratis ke salah satu tujuan antara Anambas, Bandaneira, atau Biak-Numfor. Aku pilih...Blitar! Bukan ding, pilih Biak-Numfor dong! Kenapa? Rahasia! :) Bagaimana cara mengetahui kehidupan masyarakat dan menghubungi warga di Papua? Enggak tahu dong, heheeee... Daripada bingung, baiklah, ku serahkan semua kepada Tuhan yang pastinya lebih bijaksana... Kejutan yang satu ini masih terus berlanjut, okee cerita akan dibagi lagi minggu depan, pastinya seru, dijamin mutu!

9. Ketemu mantan ENGGAK USAH DIBACA YAA!
Eeh apaan nih! Enggak jadi cerita deh, kan sudah MOVE ON seperti PROJECT POP, heheee... Kode saja yaa, kode untuk mantan. Kode pertama, ketemu mas super ganteng pas pes nikah teman, ternyata sang mantan (mantan siapa coba?) sudah bertumbuh subur dan berkembang biak, memangnya pohon! Kejutan bukan karena ketemu sih, tapi karena kehabisan makanan di resepsi nikah itu. Kode kedua, ketemu cowok oriental di stasiun kereta yang ternyata tidak ada bedanya. Maksudnya, yang tidak ada beda itu cowoknya. Kalau stasiunnya sih keren banget deh, mirip bandara Juanda #Sok heboh# Hahahaaa...

*tambahan* terima kasih pembaca yang budiman *peluk, eeh*


10. Ditipu mentah-mentah oleh si gadungan maho: www.promandiri.com
Ini dia kejutan paling berharga sepanjang 2013! Bisa-bisanya aku, dengan mudahnya aku, betapa cepatnya aku...yaa tanpa riset mendalam dan tanpa informasi dari para intel FBI *apa ini* tiba-tiba aku klik penjual online gadungan yang maho dan langsung pilih ponsel Sony yang ditawarkan seharga Rp. 800.000 (harga di pasaran Rp 1.200.000). Transfer uang, konfirmasi ke penjual lewat sms, dijanjikan akan segera dikirim nomor resi JNE, dan...apa yang terjadi para pemirsa? Si penjual gadungan yang maho tidak ada kabarnya lagi, dasar maho! Jadi, pesan yang ingin saya berikan adalah: waspada terhadap situs yang maho itu, jangan percaya beli dan percaya promandiri, karena itu penipuan online dan maho!

Nah okee, sekian. Terima kasih atas kesempatan yang berbahagia ini, saya terharu, lho!

Itu tadi cerita tentang kejutan atau kilas balik yaa? Suka-suka...

Mengakhiri posting pertama, aku ingin mengucapkan:
SEMOGA KEJUTAN BERKAT MELIMPAH 2014x LEBIH BANYAK LAGI, AMIN!

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Ming Xia..wkt beli HP online itu kejutan atau terkejut...heheee

Kartika Paramita Klara mengatakan...

Hahaaa... itu kejutan maho :)) terima kasih wahai pemabca yang sekiranya sangat aku kenal, itu bisa dibaca pada nomor 10...